PERPUSTAKAAN JAWA TENGAH MENGADAKAN STAKEHOLDER MEETING UNTUK PERKUAT TIM SINERGI PERPUSTAKAAN

SHARE

Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) sudah menjadi salah satu program prioritas nasional yang coba diangkat oleh Perpustakaan Nasional dan Bappenas RI. Program ini nyata-nyata telah memberikan bukti nyata dalam membantu mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Sebagai salah satu program yang menjadi andalan dalam mengentaskan kemiskinan ini tentunya tidak bisa dilakukan sendiri oleh perpustakaan. Oleh karenanya butuh dukungan dari semua stakeholder yang ada agar program ini bisa terus berlanjut dan semakin banyak orang yang hidupnya menjadi lebih baik melalui perpustakaan.

Perpustakaan yang dulunya hanya dipandang sebelah mata sebagai tempat baca buku saja, sekarang sudah bertransformasi menjadi pusat belajar dan berkegiatan masyarakat. Perpustakaan dengan wajah baru diharapkan mampu menyedot animo masyarakat yang butuh akan akses informasi guna meningkatkan taraf hidupnya.

Perpustakaan didukung Bappenas dan beberapa kementrian sudah sepakat untuk mengembangkan program ini melalui aksi nyata berupa kolaborasi antar kementrian dan lembaga. Tentunya hal ini butuh dukungan dari semua pihak di jajaran pemerintah daerah juga. Dalam rangka mensolidkan jejaring perpustakaan dalam bentuk tim sinergi maka Perpustakaan Nasional RI mencoba menggerakkan stakeholder dan pihak swasta yang berpotensi menjadi mitra perpustakaan guna mengembangkan program TPBIS melalui kegiatan yang bertajuk Stakeholder Meeting (SHM).

Pada tanggal 4 Agustus 2022 Stakeholder Meeting Provinsi Jawa Tengah digelar di Hotel MG Setos Kota Semarang. Dalam kegiatan tersebut diundang beberapa OPD dan Swasta serta Library Supporter yang diundang antara lain:

  1. Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah beserta jajarannya;
  2. Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah;
  3. Kepala Diskominfo Provinsi Jawa tengah;
  4. Kepala Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah;
  5. Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah;
  6. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah;
  7. Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah;
  8. Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP;
  9. Ketua Yayasan Sehati Pancasila Kota Semarang;
  10. Dirut Bank Jateng;
  11. Dirut BI Wilayah Jawa Tengah;
  12. Dirut PT Telkom;
  13. Dirut PT Bhimasena Power Indonesia;
  14. Presiden Direktur Semarang Kunti;
  15. Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah;
  16. Ketua Komunitas Sahabat Difable;
  17. Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah;
  18. Ketua PW Forum TBM Provinsi Jawa Tengah;
  19. Ketua Forum Lingkar Pena Provinsi Jawa Tengah

Acara SHM tersebut diharapkan mampu menghasilkan kolaborasi yang apik dan solid guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Jawa Tengah melalui perpustakaan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Dr. Joko Santoso, MM selaku Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Perpusnas RI dan ditutup oleh Bapak Yusadar Armunanto, SH, MH selaku Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan pada Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.

Dari Kegiatan tersebut diharapkan mampu menghasilkan tim sinergi yang solid untuk mengembangakan perpustakaan di Jawa Tengah sehingga bisa membantu pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah serta bisa mensejahterakan masyarakat melalui program TPBIS.

Salam Literasi! Literasi untuk kesejahteraan!

 

Oleh : Fuad Sirojudin, S.I.Pust